anda pengunjung ke:

Saturday, January 8, 2011

apasih CMS?


Tentunya anda pernah mendengar CMS, dan anda kemudian bertanya apa sih CMS itu ? CMS sama sekali tidak ada kaitannya dengan produk perdagangan. CMS yang dimaksud disini adalah yang berkaitan dengan pemrograman website. CMS adalah singkatan dari
Content Management System yang artinya Manajemen Konten System. Ini berarti kita hanya mengatur atau memanajemen sisem yang telah ada.
Dalam pembuatan website, CMS sudah tidak asing lagi sebab dengan munculnya CMS, maka orang tidak memerlukan kemampuan pemrograman tinggi dalam membuat website. CMS bukan hanya digunakan untuk pembuatan website saja tetapi pembuatan forum, blog, dan sebagainya. Salah satu CMS yang paling terkenal dan bahkan terbaik di dunia adalah Joomla!
Anda dapat menggunakan CMS untuk membuat website anda, blog anda, atau forum anda. Beberapa CMS yang paling laris digunakan saat ini adalah Wordpress, Blogger, itu untuk standar pemrograman Blog. Sedangkan untuk pembuatan website adalah Joomla! Dan Drupal. Serta phpBB3 untuk pembuatan forum. Anda dapat menyaksikan sendiri berapa besar pengguna CMS di Dunia Maya dibanding pengguna manual dengan menggunakan Bahasa Pemrograman PHP, Javascript, ASP dan HTML.
Selain itu kelebihan CMS adalah gratis, memang ada CMS yang berbayar seperti Mambo. CMS juga memiliki kelebihan lain diantaranya Search Engine Optimising, fitur pengoptimalisasian situs agar mudah terindex pada Search Engine. Oleh karena itu jika anda tak ingin repot-repot membangun blog, situs, forum dan komunitas dengan menggunakan bahasa pemrograman, gunakan saja CMS. Anda dapat melihat situs-situs terkenal yang dibangun dengan CMS. Untuk situs Okezone, dibuat dengan Code Igniter. Code Igniter juga termasuk CMS namun lebih sulit pengoperasiannya dibandingkan dengan Wordpress dan Blogger atau CMS sejenis.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More