anda pengunjung ke:

Friday, December 10, 2010

apasih bandwidth?

kemarin teman saya ada yang tanya tentang bandwidth, jadi saya jelaskan disini. istilah bandwidth selalu dipakai dalam penawaran paket hosting dari perusahaan hosting. Jadi apa itu bandwidth dalam dunia web hosting ? Berikut akan saya jelaskan pengertian bandwidth sehingga pengguna web hosting, Ada dua definisi yang bisa digunakan untuk menjelaskan apa itu bandiwdth :


* Bandwidth adalah besaran lalu lintas data yang diperbolehkan melalui website anda ke seluruh internet. Besaran bandwidth yang bisa disediakan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik yang melalui internal data center mereka maupun ke eksternal yaitu internet publik.
* Bandwidth besaran transfer data yang diperbolehkan dalam suatu paket hosting. Misalnya anda memiliki halaman web sebesar 48KB, maka setiap pengunjung halaman web anda yang membuka halaman tersebut akan mengunduh/download informasi/data sebesar 48 KB ke komputer mereka. Jika ada 100 pengunjung ke halaman tersebut maka telah terjadi transfer data sebesar 4800 KB dari server dimana file anda berada ke komputer pengunjung. Jadi Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan besaran data yang telah ditransfer keluar dari kuota space hosting anda.
Seberapa besar bandwidth yang anda butuhkan ? Besaran bandwidth yang anda butuhkan tergantung dari 2 faktor:
* Besar file dalam website anda. Semakin besar file yang akan diakses oleh pengunjung website anda, maka semakin besar kebutuhan bandiwdth anda.
* Popularitas website anda. Semakin populer website anda, maka akans emakin banyak pengunjung yang akan melihat website anda dan semakin besar pula kebutuhan bandiwdth hosting anda.
Ada rumusan sederhana yang bisa digunakan untuk memperkirakan berapa kebutuhan bandwidth bagi website anda (sumber : www.findmyhosting.com), yaitu :
[Rata-rata pengunjung setiap hari x Rata-rata halaman web dilihat x Rata-rata ukuran file halaman web x 31 x Fudge Factor]
Rata-rata pengunjung setiap hari - jumlah pengunjung yang anda perkirakan mengunjungi website anda, secara rata-rata, setiap harinya.
Rata-rata halaman web dilihat - Secara rata-rata, jumlah halaman web yang anda perkirakan akan dilihat pengunjung. Jika anda memiliki 50 halaman web maka rata-rata setiap pengunjung akan melihat 5 halaman web anda dalam satu kali kunjungan.
Rata-rata ukuran file halaman web - Rata-rata ukuran halaman web anda, dalam Kilobyte (KB). Jika anda sudah melakukan desain web anda, anda bisa langsung menghitung berapa ukuran per halamannya.
Fudge Factor - Nilai diatas angka 1. Gunakan 1.5 untuk hasil yang aman, yang mengasumsikan bahwa estimasi sebesar 50%. Jika anda tidak yakin cukup, anda bisa gunakan angka 2 atau 3 untuk memastikan kebutuhan bandwidth anda lebih dari cukup.
Biasanya, paket hosting menawarkan bandiwdth dalam ukuran Gigabyte (GB) per bulan. Oleh karena itu formula diatas menggunakan perkalian sebesar 31.
untuk website personal atau usaha kecil, kebutuhan bandwidth tidak lebih dari 1 GB sehingga saya sarankan tidak perlu menyewa paket hosting yang tidak bisa digunakan secara maksimal. Sewalah paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More