anda pengunjung ke:

Aktivasi Windows 8 Enterprise RTM

anda perlu membuka postingan ini jika anda sudah mendownload Windows 8 Enterprise RTM - areklmg.blogspot.com.

Kelebihan dan kelemahan Windows 8

perlu anda ketahui jika ada kelemahan dan kelebihan dari windows 8 jika anda ingin berpindah dari OS lain ke Windows 8 ini - Areklmg.blogspot.com

Tampilan Windows 8

perlu anda ketahui tampilan windows 8. agar anda tidak bingung. - areklmg.blogspot.com

Tuesday, July 20, 2010

defraggler 1.13.155


DefragglerDefraggler adalah sebuah aplikasi freeware yang dibuat oleh pirifromyang digunakan sebagai defragmentation tool. Aplikasi ini bisa kalian gunakan sebagai alternatif tool jika malas/bosan atau sejenisnyanew (933) untuk menggunakan defragment tool default windows Xp. Aplikasinya cukup ringan, tidak banyak memakan memory dan Sizenya tidak sampai 1 Mb tapi kerjanya bisa dibilang lumayan lho.. Berikut beberapa screenshot daridefraggler :

Defraggler2 Defraggler3

dan berikut change log untuk versi 1.13.155 (seperti biasa English Languageonion (90) )

- Added quick defrag to command line version.
- Added option to view folder index entries in file list.
- Fixed bug related to excessive GDI objects.
- Fixed tab issue in search tab.
- Improved speed of moving very large files to the end of the drive.
- Several minor bugs fixed.

untuk download klik here atau ke http://www.defraggler.com/

Wednesday, July 14, 2010

mengganti nama google dengan nama kita

Pengen sesuatu yang beda pada tampilan halaman depan GOOGLE Anda? Anda bisa merubah tulisan GOOGLE menjadi apa yang Anda mau. Bisa nama Anda, nama pacar, nama istri atau apapun yang Anda inginkan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini :
1) Masuk ke dalam website : http://www.007google.com
2) Tulis kata yang Anda inginkan di kolom “Create”
3) Kemudian pilih style/gaya tulisan yang Anda inginkan
4) Klik “Create My Search Engine”
5) Nah ini sudah setengah jalan. Kalau Anda masih pengin merubah Style dan Color lainnya, bisa klik dulu ”More Logo Styles and Colors”, setelah memilih terus klik “Create My Search Engine”.
6) Copy halaman http-nya.
7) Klik ”Tools” pada menu bar, kemudian pilih ”Options”
8) Kemudian paste halaman http yang di”copy” tadi dikolom ”Home Page”. Terus klik ”OK”.

Sudah selesai tugas Anda sekarang untuk merubah tampilan tulisan pada halaman depan GOOGLE search engine.

Tips & Trik disertai gambar petunjuk dengan format file pdf :

Monday, July 12, 2010

top 10 software photo editing

Britney SpearsKamu sering mengedit photo favourite hanya sekadar hobi atau sebagai pekerjaan sehari-hari? Software kesukaan apa yang kamu gunakan, memakai Photoshop CS 4, Corel Paint, Ulead PhotoImpact, atau ACDSee Photo Editor? Semuanya itu tergantung kemampuan dan kesukaan kamu bukan. Software tersebut tentunya mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing yang didasarkan pada kelengkapan fitur, plugin, kompatibilitas, hasil keluaran dan tentunya harga.

Berikut daftar top ten photo editing software menurut toptenreviews.com :

  1. Adobe Photoshop Elements
  2. Corel Paint Shop Pro Photo
  3. Serif PhotoPlus
  4. Ulead PhotoImpact
  5. ACDSee Photo Editor
  6. PhotoSuite
  7. FotoFinish Suite
  8. Photo Explosion
  9. PhotoImpression
  10. PhotoStudio

cara membersihkan windows registry

Windows Registry adalah sekumpulan file besar yang berisi informasi tentang hampir segala sesuatu yang terjadi pada komputer, dari kunjungan ke sebuah situs Web ke program instalasi. Registri juga berisi informasi tentang driver dan program penting lainnya, seperti DLL (Dynamic Linked Library) - program penolong kecil yang sering bekerja sama dengan lebih dari satu aplikasi. Informasi ini disimpan dalam bentuk "key" yang dapat membantu program lain yang dijalankan. Ini seperti cetak biru besar untuk semua tempat program berjalan pada komputer Anda dan bagaimana semuanya bisa cocok berjalan bersama. Hanya komputer yang menjalankan sistem operasi Windows ada registri.

Sebuah registri mungkin memiliki ratusan ribu masukan, dan masukan baru dibuat setiap saat. Karena dengan mengisi informasi, registri dapat menyebabkan komputer kinerja menjadi menurun. Salah satu masalah adalah bahwa Windows hampir tidak pernah menghapus entri registri, bahkan jika program ini dihapus, karena kebanyakan uninstallers tidak dapat secara efektif menghapus sendiri kunci registri.


Membersihkan Registry



Screenshot dari registry editor pada komputer yang menjalankan Windows XP

Sebelum Anda bermain-main dengan registri, buatlah salinan cadangan registri dan juga untuk menyimpan semua data penting ke harddisk eksternal. Beberapa program pembersih registry memiliki fitur untuk membuat salinan sistem registri.

Windows memiliki program terintegrasi untuk mengedit registri yang bernama regedit.exe dan dapat diakses dengan membuka menu Start, klik Run dan ketik regedit dalam program ini. Walaupun program ini mudah diakses, sangat sulit untuk digunakan.

Untuk memudahkan pembersihan registry pada Windows berikut program yang sering digunakan:

CCleaner
Advance System Optimizer
Fix-It Utilities
Ace Utilities
Regitry Mechanic
Registry Easy

cara membasmi virus shortcut (pif/starter)

Kemarin ada temen yang mengambil data di salah computer milik saya melalui USB Flash Disk. Sebagai pencegahan, terlebih dahulu aku scan dengan antivirus Ansav dan Avira Free Edition, proses scanning berjalan dan ternyata ada beberapa virus yang terdeteksi oleh Ansav. Kemudian setelah selesai aku hapus/delete semua file yang terinfeksi virus. Ternyata ada file yang dideteksi sebagai virus yakni autorun.inf, Microsoft.inf dan Thumb.db. Virus tersebut membuat duplikasi di setiap folder dengan type shortcut.

Setelah saya anggap USB itu bersih kemudian saatnya menyalin data teman saya tadi. Saat membuka file dalam salah satu folder ternyata telah mucul file-file virus tersebut (autorun.inf, Microsoft.inf dan Thumb.db), kesimpulannya computer saya telah terserang virus dari USB Flash Disk tersebut dari varian Pif/Starter. Untuk menghilangkan virus tersebut ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Setelah melakukan full scan dan menghapus file-file virus tersebut namun tetap saja muncul di setiap folder.




Tak kehilangan akal aku mencoba cara membasmi virus shortcut ini di internet dan berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk membasmi virus shortcut (Pif/Starter) yang dikutip dari Detikinet:

1. Matikan dulu proses system restore, caranya klik kanan My Computer | Properties, Pilih tab System Resotore, centang kotak kecil Turn off System Restore all drive.

2. Matikan proses dari file Wscript yang terletak di C:\Windows\System32, dengan cara menggunakan tools seperti CProcess, HijackThis atau dapat juga menggunakan Task Manager dari Windows.

3. Setelah dimatikan proses dari Wscript tersebut, kita harus menhapus atau me-rename dari file tersebut agar tidak digunakan untuk sementara oleh virus tersebut.

Sebagai catatan, kalau kita me-rename dari file Wscript.exe tersebut dengan otomatis, maka akan dikopikan lagi di folder tersebut. Oleh sebab itu, kita harus mencari di mana file Wscript.exe yang lainnya, biasanya ada di C:\Windows\$NtServicePackUninstall$, C:\Windows\ServicePackFiles\i386.

Tidak seperti virus-virus VBS lainnya, kita bisa mengganti Open With dari file VBS menjadi Notepad, virus ini berextensi MDB yang berarti adalah file Microsoft Access. Jadi Wscript akan menjalankan file DATABASE.MDB seolah-olah dia adalah file VBS.

4. Delete file induknya yang ada di C:\Documents and Settings\\My Documents\database.mdb, agar setiap kali komputer dijalankan tidak akan me-load file tersebut. Dan jangan lupa kita buka juga MSCONFIG, disable perintah yang menjalankannya.

5. Sekarang kita akan men-delete file-file Autorun.INF. Microsoft.INF dan Thumb.db. Caranya, klik tombol START, ketik CMD, pindah ke drive yang akan dibersihkan, misalnya drive C:\, maka yang harus kita lakukan adalah:

Ketik C:\del Microsoft.inf /s, perintah ini akan men-delete semua file microsoft.inf di seluruh folder di drive C:. Sementara kalau mau pindah drive tinggal diganti nama drivenya saja contoh: D:\del Microsoft.inf /s.

Untuk file autorun.inf, ketik C:\del autorun.inf /s /ah /f, perintah akan men-delete file autorun.inf (syntax /ah /f) digunakan karena file tersebut memakai attrib RSHA, begitu juga untuk file Thumb.db lakukan juga hal yang sama.

6. Untuk men-delete file-file selain 4 file terdahulu, kita harus mencarinya dengan cara search file dengan ekstensi .lnk ukurannya 1 kb. Pada 'More advanced options' pastikan option 'Search system folders' dan 'Search hidden files and folders' keduanya telah dicentang.

Harap berhati-hati, tidak semua file shortcut / file LNK yang berukuran 1 kb adalah virus, kita dapat membedakannya dari ikon, size dan tipenya. Untuk shortcut yang diciptakan virus ikonnya selalu menggunakan icon 'folder', berukuran 1 kb dan bertipe 'shortcut'. Sedangkan folder yang benar harusnya tidak memiliki 'size' dan tipenya adalah 'File Folder'.

7. Fix registry yang sudah diubah oleh virus. Untuk mempercepat proses perbaikan registry salin script dibawah ini pada program 'notepad' kemudian simpan dengan nama 'Repair.inf'. Jalankan file tersebut dengan cara:

- Klik kanan repair.inf
- Klik Install

[Version]
Signature="$Chicago$"
Provider=Vaksincom Oyee

[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del

[UnhookRegKey]
HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,"regedit.exe "%1""
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, "Explorer.exe"
HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, "cmd.exe"
HKLM, SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, "cmd.exe"

[del]
HKLM,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, Winupdate
HKCU,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, explorer

Membuka Situs yang di Blokir

beberapa cara untuk membuka situs yang diblokir :
Menggunakan web proxy.
Salah satu cara tercepat untuk mengakses situs yang kena blok adalah menggunakan web proxy. Kamu dapat mencari web proxy yang paling handal dengan googling dan masukkan keyword "web proxy". Sebagai contoh dan yang selalu pakai adalahwww.guardster.com/subscription/proxy_free.php. Setelah menemukan situs penyedia proxy, kamu tinggal masukkan alamat situs/URL yang ingin kamu kunjungi. Salah satu kelemahan menggunakan web proxy adalah akses menjadi lebih lambat karena halaman/page yang kamu buka harus melewati proxy tersebut sebelum di transfer ke komputer kamu.

  • Mengunakan IP proxy server.
  • Menurut Wikipedia, Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atauintranet.

    Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien. Seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikanrequest-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

    Berikut langkah-langkah untuk setting proxy server dengan browser favorite saya yaitu Mozilla Firefox : 1. Buka Mozila Firefox 2. klik menu Tools, pilih Options 3. Pilih tab Advanced, pilih tab Network, pilih settings 4. Pilih Manual proxy configurations 5. Isikan IP proxy server, misal: 203.144.160.248 port: 8080. 6. Beri tanda centang pada use this proxy for all protocols. 7. Kunjungi situs yang ingin dibuka, misal http://atlantisnetwork.blogspot.com.

  • Untuk mencari IP Proxy Server gunakan mesin cari Google dan masukkan kata kunci "free proxy server". Pilihlah IP yang mempunyai koneksi bagus secara trial and error dan carilah dari negara terdekat (Australia, Thailand, India, dll) agar koneksi bisa berjalan secara stabil.
Jika menurut kamu artikel ini berguna, tinggalkan saran dan komentar maupun pertanyaan di kotak komentar. Selamat mengakses internet dengan bijaksana.

cara membobol password windows XP

[windows_xp.jpeg]
Sistem Operasi apakah yang kamu gunakan di komputer? Jika kamu menggunakan Sistem Operasi Windows XP maka kamu harus berhati-hati. Windows XP mempunyai celah keamanan yang dapat di pergunakan untuk masuk ke account administrator. Ketika account kamu sudah lindungi dengan suatu password yang cukup kuat namun dengan sedikit trik seseorang dapat masuk ke account windows tanpa kamu sadari.

Bagaimana seseorang dapat menjebol password Windows XP? Sebenarnya dengan cara cukup sederhana (namun cukup mematikan) semua orang pun bisa kalau mau belajar big grin. Berikut cara sederhana untuk menjebol Password Windows XP :

Cara Pertama

Ketika komputer pada saat booting pertama kali tekan F8, akan muncul beberapa pilihan dan pilihSave Mode tekan enter. Kemudian akan muncul beberapa account untuk logon ke Windows, biasanya ada dua jenis account yaitu Administrator dan nama Account si empunya komputer. Pilih Administrator, biasanya pengguna awam/newbie tidak akan melindungi account ini. Kamu sudah dapat masuk ke account Administrator dan selanjutnya terserah kamu apa yang akan dilakukan. Saran saya kamu tidak perlu menghilangkan password account si empunya komputer karena akan membuat dia curiga
whew!.

Cara Kedua

Pada saat komputer booting dan ketika akan logon ke windows bisanya muncul nama Account yang dilindungi dengan password. Pada saat itu kamu tinggal tekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan akan muncuk kotak dialog dan disuruh memasukkan username dan password.

Cara Menjebol Password Windows XP


Hapuslah nama account yang ada sehingga kedua isian tersebut kosong dan tekan enter. Jika hal ini kamu tidak bisa logon ke windows isikan username "administator" (tanpa tanda kutip) dan password di kosongi. Kemudian tekan enter. Nah kamu sekarang bisa masuk ke Windows XP happy. Seperti saran yang tadi kamu tidak perlu menghilangkan password account si empunya komputer karena akan membuat dia curiga.


Cara Menjebol Password Windows XP

Saturday, July 10, 2010

TIPS MERAWAT PRINTER

Berikut ini cara termudah dalam memelihara dan merawat printer, sehingga
kualitas printer yang Anda inginkan dapat terpenuhi. Sehingga tetap layak
digunakan untuk melakukan cetak warna ataupun cetak kartu, dsb.Untuk
memudahkan Anda dalam memelihara dan merawat printer agar terjaga dengan baik, Lakukan
langkah-langkah berikut ini:
1. Nyalakan printer Anda setidaknya 3 hari sekali.
2. Jika hasil cetak menurun, lakukan “Cleaning” (maksimal 2 kali).
3. Disarankan tidak mengganti / mencabut cartridge jika tinta belum habis
4. Usahakan agar tinta menyentuh CHIP CISS yang terdapat pada cartridge.
5. Pastikan printer bebas dari debu terutama pada tempat penarik kertas
6. Gunakan kain bersih dan kering untuk membersihkan area penarik kertas
7. Bersihkan bagian luar printer dengan menggunakan kain basah
8. Lakukan update driver demi meningkatkan kinerja printer.
Namun jika Anda sudah melakukan langkah di atas, ternyata hasil printer masih bergaris,
berarti Anda perlu memeriksa kondisi print head. Dan pensil warna bisa membantu.
Bagaimana cara memeriksa kondisi print head (coba hasilnya: pensil warna)?Berikut langkahlangkahnya:
1. Klik tombol “Start” dan pilih “Setting” dan pilih “Control Panel”.

2. Pilih folder “Printer” dan pilih folder/icon “printer Epson” Anda, klik kanan mouse Anda,
kemudian pilih “Properties”.
3. Pilih “Utility”, di dalamnya terdapat 5 tombol fungsi, yakni :
- EPSON Status Monitor 3: berfungsi untuk memeriksa masih berapa banyak tinta yang berada
di dalam cartridge. Jika ingin melakukan cetak kartu atau lainnya tentunya sangat penting
memperhatikan ini.
- Nozzle Check: berfungsi untuk memeriksa kondisi print head.
- Head Cleaning: Bila hasil cetakan bergaris maka tungsi inilah yang digunakan (jangan
melebihi 2 kali), bila garis tersebut tetap muncul, maka biarkan printer tersebut dalam keadaan
menyala selama 10 menit.
- Head Alignment: Bila huruf hasil print (misalnya printing colours, printing calendar, dll) tidak
rapi (huruf miring-miring), maka fitur ini akan memeriksanya.
- Ink Cartridge Replacement: Fungsi fitur ini membantu user dalam mengganti catridge dengan
sistem software. Langkah-langkahnya dijelaskan dengan gambar pada buku user manual,
sehingga lebih memudahkan Anda. Dengan merawat printer berarti merawat alat yang
membantu kita melakykan printing colours, printing calendar dan cetak warna lainnya.Dengan
mengikuti langkah-langkah dalam memelihara dan merawat printer Anda seperti di atas,
semua fungsi printer akan berjalan dengan baik dan kondisi printer Anda tetap awe

Cara Menghapus W32.Downadup

Berikut cara menghapus w32.downadup :

1. Temporarily Disable System Restore (Windows Me/XP). [how to]
2. Update the virus definitions.
3. Reboot computer in SafeMode [how to]
4. Run a full system scan and clean/delete all infected file(s)
5. Delete/Modify any values added to the registry. [how to edit registry]
Navigate to and delete the following registry entry:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\netsvcs\Parameters \”ServiceDll” = “[PATH OF WORM EXECUTABLE]”

6. Exit registry editor and restart the computer.
7. In order to make sure that threat is completely eliminated from your computer, carry out a full scan of your computer using AntiVirus and Antispyware Software.

Perbedaan Di Antara Virus , Worm Dan Trojan

Banyak orang menyamakan Worm, Trojan Horse sama dengan Virus atau istilah lain dari virus, Tetapi itu salah, yang sama cuma satu bahwa Virus, Trojan, Worm merupakan program pengacau pada sistem komputer.


Virus biasanya disertakan pada program atau file, file inilah yang membantu penyebaran virus dari komputer ke komputer dan menginfeksinya. Virus komputer ini memiliki tingkat bahaya yang beragam, yang seperti kita ketahui diantaranya virus dapat merosakkan software, hardware maupun data-data anda. Sungguh menyusahkan jika komputer kita terkena virus bukan?


Hampir semua virus menyertakan dirinya pada file EXEcutable, artinya virus senang saja sudah berada dikomputer kamu, tapi baru dapat berjalan ketika kamu menjalankan/membuka program yang sudah terinfeksi virus tersebut. Virus tidak boleh merebak tanpa bantuan user, maksudnya virus biasanya menyebarkan dirinya ketika pertukaran file yang telah terinfeksi ataupun mengirim e mail dengan attachment emailnya yang berisi virus.


Kalau worm secara rekaannya sama dengan virus. Tetapi bezanya worm ini merebak dari komputer ke komputer lain meskipun tanpa bantuan user sebagai pengguna komputer. Worm memanfaatkan file atau skrip transportasi informasi sistem komputer yang memungkinkan berpindah tanpa bantuan user. Perkara yg paling mengerikan dari kemampuan worm ini adalah mampu menduplikasi dirinya sendiri. Contohnya Worm mampu mengirimkan duplikasinya keseluruh user yang terdaftar pada address book e-mail sistem yang telah terinfeksi tersebut. Setelah berhasil, worm kembali menduplikasi dirinya sendiri dan mengirim lagi satu copy ke setiap user yang ada di address book komputer yang baru saja diserang dan seterusnya.


Berbeda dengan trojan horse. Program ini nampak seperti software biasa. Setelah di install atau dijalankan, program tersebut boleh merosakkan sistem. Ketika Trojan sudah aktif, efek yang ditimbulkan pelbagai, ada yang merubah penampilan desktop, icon sampai menghapus file tertentu didalam sistem komputer kamu. Trojan juga dapat membuat backdoor pada komputer yang terinfeksi yang membuat user lain memiliki akses pada komputer tersebut. Tidak seperti virus dan worm, trojan tidak memproduksi dirinya sendiri.

14 tips menghemat baterai laptop

Laptop akan kehilangan nilai praktis dan efisiensinya jika anda harus mencari steker tiap kali ingin menggunakannya
karena takut akan baterai yang segera habis. Jadi bagaimana cara menghemat baterai anda selama mungkin? Inilah
cara-cara praktisnya:

1. Lakukan defrag secara teratur
Semakin cepat kinerja hard drive anda maka semakin hemat baterai anda, oleh karena itu buat hard drive anda seefisien
mungkin dengan melakukan defrag secara teratur.

2. Kurangi cahaya monitor anda
Untuk menghemat energi baterai anda, kurangi cahaya monitor laptop sampai batas toleransi yang sesuai untuk mata
anda.
3. Matikan program yang tidak perlu
Itunes, Desktop Search, dan lainnya. Semua program ini menambah beban CPU dan baterai. Matikan semua program
yang tidak penting jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai.

4. Matikan hardware eksternal
Alat-alat dengan USB (termasuk mouse anda) dan WiFi, semuanya menyedot tenaga baterai anda. Cabut atau matikan
mereka jika tidak digunakan. Sekarang anda tahu bahwa mengisi ulang iPod anda di laptop adalah suatu ide yang
buruk.

5. Tambahkan RAM
Jika anda sering menggunakan program yang membutuhkan memory besar, maka ini adalah cara yang lebih efisien
daripada menggunakan virtual memory yang lebih membebankan hard drive sehingga baterai laptop juga boros.

6. Gunakan hard drive daripada CD/DVD
Walaupun hard drive banyak menghabiskan tenaga baterai, tetapi CD dan DVD menghabiskan energi lebih banyak lagi,
bahkan ketika mereka tidak sedang digunakan. Sebisa mungkin gunakan program virtual drive seperti Alcohol 120%.

7. Jaga kebersihan baterai.
Bersihkan besi yang menjadi penghubung energi baterai dengan laptop secara teratur, sehingga transfer energi dari
baterai anda menjadi lebih efisien.

8. Jaga kondisi baterai.
Tidak baik untuk membiarkan baterai yang terisi dalam keadaan dorman untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi,
anda sebaiknya menggunakan baterai tersebut setidaknya sekali dalam 2-3 minggu. Satu hal yang harus diingat, jika
baterai laptop anda Li-On maka jangan pernah menggunakannya sampai benar-benar habis.

9. Pilih hibernate, jangan standby
Walaupun mode standby dapat menghemat baterai dan anda dapat langsung menggunakan laptop anda kapan saja,
tetapi fungsi hibernate dapat menghemat energi jauh lebih banyak karena fungsi ini benar-benar mematikan laptop anda.

10. Jaga suhu laptop anda.
Laptop anda berfungsi dengan lebih efisien jika suhunya lebih dingin. Bersihkan ventilasi udaranya dengan kain halus
atau pembersih keyboard.

11. Atur 'power options' supaya optimal
Pilih 'Power Options' di control panel anda dan aturlah supaya penggunaan energi laptop tetap optimal (pilih 憕ax
battery� untuk efek maksimum).

12. Hindari multitasking
Lakukan sesuatu secara satu persatu jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Jangan bekerja dengan
multitasking jika anda memang ingin menghemat baterai anda.

13. Kurangi beban CPU anda.
Aktifitas seperti email dan word processing yang bebannya kecil untuk CPU laptop, menggunakan tenaga baterai lebih
kecil daripada menjalankan sebuah game atau menonton DVD. Jadi pilih prioritas anda dengan bijaksana.

14. Kurangi beban grafis
Anda bisa melakukan hal ini dengan mengganti resolusi layar anda dan mematikan driver grafis yang tidak dibutuhkan.
Graphic card atau video card sama borosnya seperti hard disk dalam menghabiskan energi baterai.

Bonus Tip: Dalam keadaan baterai yang cukup penuh, anda sebaiknya mematikan fungsi autosave ketika menggunakan
MS Word atau Excel karena mereka dapat menambah beban yang tidak diperlukan pada hard drive anda. Dan
sebaliknya ketika baterai laptop anda sudah hampir habis, sebaiknya anda mengaktifkan fungsi autosave karena anda
tidak akan pernah tahu kapan baterai laptop anda benar-benar habis. Dan ketika hal tersebut terjadi, tentu saja anda
tidak ingin pekerjaan anda hilang bukan?

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More