anda pengunjung ke:

Tuesday, August 16, 2011

tips menghindari virus W32/Ramnit

saya mempunyai beberapa tips untuk menghindari visrus yang bisa menyebar secara cepat ke komputer anda seperti virus W32/Ramnit yang akan membuat shortcut  Copy of Shortcut to (1).lnk sampai Copy of Shortcut to (4).lnk. dengan cara seperti ini.

1. Aktifkan Windows Firewall atau gunakan software firewall yang lain. Hal ini untuk mencegah dari akses yang tidak di-inginkan
2. Pastikan komputer sudah mendapatkan update terbaru dari system Windows. Untuk mempermudah gunakan update otomatis dari system seperti "Automatic Updates". Atau bisa juga dengan men-download patch terbaru dari website Microsoft.
3. Gunakan antivirus yang selalu terupdate dengan baik. Hal ini untuk mempermudah terhadap varian-varian dari malware yang baru.
4. Batasi akses terhadap akses administrator. Bagi pengguna Windows 7 dan Vista, pastikan UAC (user account control) telah berjalan dengan baik.
5. Berhati-hati saat membuka file attachment e-mail atau saat menerima transfer file dari orang yang tidak dikenal. Pastikan selalu di scan dengan antivirus yang terupdate.
6. Berhati-hati terhadap program crack/keygen atau program-program yang tidak dikenal. Karena bisa saja sudah terinfeksi atau mengandung malware.
7. Gunakan password yang tidak mudah dibaca dan diketahui. Pastikan selalu rubah password pada waktu-tertentu, dan bedakan password satu dengan lain-nya.
8. Matikan fitur "autoplay" Windows untuk mencegah program yang tidak diinginkan pada removable drive/disk berjalan secara otomatis
9. Matikan file sharing jika tidak digunakan. Jika memang menggunakan file sharing hanya berstatus read-only, atau konfigurasi sharing hanya untuk user-user tertentu.
10. Berhati-hati saat mengakses sebuah website atau forum yang menyediakan link-link tertentu untuk di-download atau di-install

sekian tips dari saya, sekian dan terima kasih..

2 comments:

Nice info sob, tapi menurut pengalaman saya, virus ramnit atau yang biasa disebut virus shorcut akan musnah sampai ke akar akarnya, bila sebelumnya di laptop atau komputer kita sudah terinstall anti virus microsoft securitty essentials, saya sudah sudah buktikan di laptop toshiba saya hasilnya 100% virus yang mau masuk langsung ditendang...
(sekedar sharing sob, maaf klo tidak berkenan)

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More