anda pengunjung ke:

Wednesday, May 4, 2011

apa itu headsink?

kemarin siang saat saya di lab komputer bersama teman-teman saya. teman saya melihat heatsink yang tergeletak dimeja. teman saya sempat bertanya apa gunanya ini headsink? jadi, kali ini saya akan membahas apa itu headsink. oke! langsung saja. 


Heat sink adalah alat yang berfungsi sebagai pendingin komponen penting dalam rangkaian elektronika seperti chipset, aisi dan processor dengan cara memindahkan panas dari aisi atau processor ke heatsink itu sendiri.
Heat sink biasanya terbuat dari almunium dan dirancang berbentuk seperti sebuah sikat atau apalah menurut anda dengan melihat gambar disamping.

Heatsink dibentuk seperti salah satu contoh disamping dengan alasan, jika heatsing memindahkan panas ke heatsink itu sendiri, maka semakin lebar ukuranya maka panas yang serap semakin banyak, tapi berhubungan agar hemat tempat kelebaran heat sink di potong dan diletakan secara vertikal dan disusun sedemikian rupa, logikanya jika almunium yang posisinya vertikal di letakan secara hirisontal diperlebar maka akan sangat lebar. Heat sink processor biasanya dilengkapi kipas atau fan supaya kipas dapat mendinginkan heat sink yang tersalurkan panas dari processor, cara tersebut dapat mendinginkan processor hingga sama dengan suhu ruangan.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More