anda pengunjung ke:

Sunday, September 5, 2010

blogger, wordpress dan multiply pilih yang mana?

Banyak sekali fasilitas gratis yang tersedia di internet dan mereka mempunyai aturan masing-masing. Bagi yang ingin mulai ngeblog, silahkan pilih blog yang menurut anda cocok. Untuk memilih layanan blog juga disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari pemakai itu sendiri, misalnya blog yang bertujuan hanya untuk sekedar memberikan informasi, untuk bisnis, untuk upload lagu dan lain sebagainya.

Ada beberapa layanan blog yang saya amati untuk pemakai blog dari Indonesia dan ini merupakan layanan blog yang paling banyak diminati. Layanan blog tersebut antara lain blogger, wordpress dan multiply. Selain itu ada juga layanan blog yang lain seperti indoblogger, blog im3, blog friendster dan lain-lain.

Nah, disini khusus dibahas mengani blogger, wordpress dan multiply, sehingga bagi pemula yang ingin ngeblog bisa menentukan blog mana yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuahn masing-masing.

Blogger.com

blogger.jpg
Blogger.com merupakan layanan blog milik google.com. Blogger.com mendukung javascript sehingga anda bisa membuat sendiri templatenya. Selain itu template bisa juga anda ambil dari internet yang banyak bertebaran secara gratis. Karena mendukung Javascript maka berbagai macam animasi bisa anda tambahkan untuk blog anda. Bisa juga anda tambahkan shoutbox / buku tamu untuk pesan singkat dari pengunjung. Untuk yang mau bisnis adsense blogger.com merupakan pilihan tepat, karena memang diperbolahkan. Anda tinggal copy kode adsense lalu pastekan pada bagian templatenya. Cuma untuk bagian komentar dari pengunjung, pada blogger.com ini akan berada pada halaman baru, artinya tidak langsung nampak pada kolom isian di bawah postingan anda, sehingga untuk memberikan komentar agak ribet. Akibatnya banyak pengunjung yang mengisi shotubox dari pada mengisi komentar. Kemudian blogger.com sudah mendukung bahasa Indonesia.

WordPress.com

wordpress.jpg

WordPress.com merupakan layanan blog yang banyak memiliki fitur dan kaya akan fasilitas. Semua template sudah disediakan dengan bentuk yang sangat bagus, anda tinggal pilih saja. Tapi blog ini tidak mendukung java script, sehingga tidak bisa dan tidak boleh dipasangi adsense. Anda pun tidak bisa merubah layout yang sudah disediakan dan tidak bisa dipasangi shoutbox. Tapi kelebihannya untuk mengisi komentar dari pengunjung langsung berada dibawah postingan, jadi tidak perlu ke halaman baru. Rata-rata pengunjung akan memberikan komentarnya lebih banyakmelalui blog wordpress.com dari pada blogger.com. Lalu WordPress ini juga sudah mendukung bahasa indonesia.

Multiply

multiply.jpg
Blog layanan dari multiply ini lain lagi, blog ini berisi iklan secara otomatis dari pihak multiply.com, sedangkan wordpress.com dan blogger.com tidak ada iklan yang ikut di blog kita. Kemudian juga tidak mendukung bisnis adsense serta javascript sehingga template yang digunakan tidak bisa dirancang sedniri seperti layaknya di wordpress.com. Kemudian bila pengunjung ingin memberikan komentar di blog kita, maka syaratnya pengunjung harus terdaftar juga di multiply. Kelebihan dari blog ini adalah menyediakan fasilitas upload musik dan video yang bisa di download oleh pengunjung dengan kecepatan yang masimal. Untuk multiply sampai saat ini sepertinya belum ada versi bahasa indonesianya.

Bagaimana dengan anda? mau pilih yang mana? Silahkan anda coba dulu! semuanya juga boleh, karena semuanya adalah gratis 100%. Setelah anda mencobanya maka akan tahu kelebihan maupun kekurangan masing-masing serta kebutuhan dari anda sendiri....selamat mencoba ya.....

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More