anda pengunjung ke:

Senin, 12 Juli 2010

cara membersihkan windows registry

Windows Registry adalah sekumpulan file besar yang berisi informasi tentang hampir segala sesuatu yang terjadi pada komputer, dari kunjungan ke sebuah situs Web ke program instalasi. Registri juga berisi informasi tentang driver dan program penting lainnya, seperti DLL (Dynamic Linked Library) - program penolong kecil yang sering bekerja sama dengan lebih dari satu aplikasi. Informasi ini disimpan dalam bentuk "key" yang dapat membantu program lain yang dijalankan. Ini seperti cetak biru besar untuk semua tempat program berjalan pada komputer Anda dan bagaimana semuanya bisa cocok berjalan bersama. Hanya komputer yang menjalankan sistem operasi Windows ada registri.

Sebuah registri mungkin memiliki ratusan ribu masukan, dan masukan baru dibuat setiap saat. Karena dengan mengisi informasi, registri dapat menyebabkan komputer kinerja menjadi menurun. Salah satu masalah adalah bahwa Windows hampir tidak pernah menghapus entri registri, bahkan jika program ini dihapus, karena kebanyakan uninstallers tidak dapat secara efektif menghapus sendiri kunci registri.


Membersihkan Registry



Screenshot dari registry editor pada komputer yang menjalankan Windows XP

Sebelum Anda bermain-main dengan registri, buatlah salinan cadangan registri dan juga untuk menyimpan semua data penting ke harddisk eksternal. Beberapa program pembersih registry memiliki fitur untuk membuat salinan sistem registri.

Windows memiliki program terintegrasi untuk mengedit registri yang bernama regedit.exe dan dapat diakses dengan membuka menu Start, klik Run dan ketik regedit dalam program ini. Walaupun program ini mudah diakses, sangat sulit untuk digunakan.

Untuk memudahkan pembersihan registry pada Windows berikut program yang sering digunakan:

CCleaner
Advance System Optimizer
Fix-It Utilities
Ace Utilities
Regitry Mechanic
Registry Easy

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More